Selasa, 05 Juni 2012

Contoh Naskah Pidato

Siang Para Sobat Hafizh. Kali ini Saya akan memposting tentang contoh naskah pidato bebas, kebetulan ini tugas B.Indo. Khususnya bagi pelajar SMA/SMP pasti banyak yang butuh ni. silahkan di lihat bagaimana contohnya : (tapi alangkah baiknya jika sobat membikin sendiri dari pada copas yang ini, hargailah pemikiran sendiri karna itu tanda tanda orang yang ingin maju). Cekidot :)



GLOBAL WARMING
          

      Assalamualaikum wr.wb
                Selamat Pagi teman temanku semua. Puji syukur kita ucapkan ke hadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmatnya kepada kita semua. Serta tak lupa pula kita kirimkan shalawat beserta salam kepada nabi besar kita yakninya Nabi Muhammad SAW. Yang terhormat, Bapak kepala sekolah SMAN 1 Gunung Talang, Yang terhormat Ibu / bapak guru serta teman2 teman yang seperjuangan dengan saya. terimakasih juga kepada ibu, bapak guru, serta teman teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat berjudul global warming dengan tujuan memberitahukan kepada ibu bapak guru serta teman teman apa itu global warming, dampak nya serta cara meringankan dampak tersebut.
Ibu, bapak guru, serta teman temanku semua.
                Pemanasan global atau global warming adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Peradaban manusia sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Selama perkembangan itu, manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertanian dan agrikultur. Melalui orientasi kehidupan tersebut, manusia selalu berusaha menjaga dan melestarikan lingkungannya dengan sebaik-baiknya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidup manusia. Manusia sekarang telah mengalami zaman revolusi industri yang menggantungkan kehidupan pada bidang perindustrian. Dengan menggunakan orientasi hidup tersebut, dunia agrikultur pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan.
Yang mana hal itu membuat iklim menjadi lebih panas dan suhu menjadi tinggi, Lalu apa yang menyebabkan selama ini Bumi dirasakan semakin panas?. CO2 lahyang berperan sebagai penyebab global warming. Sebenarnya CO2 itu bermanfaat bagi bumi kita karna dapat mempertahankan panas, sehingga suhu bumi tidak terlalu rendah. Tapi nyatanya kadar CO2 di atmosfer sudah meningkat dari patokan normal. CO2 yang berlebihan dapat menyebabkan efek rumah kaca bagi bumi kita. Begitu panas matahari memasuki atmosfer, maka sulit untuk keluar karna dipertahankan oleh CO2, nantinya panas itu akan berputar putar di atmosfer. Suhu di bumi semakin meningkat dalam 1 dekade terakhir ini. Di negara negara ara bahkan sudah mencapai 54 derjat celcius. Dampaknya sangat besar bagi bumi. Contohnya cuaca ekstrim, antara musim hujan dengan musim kemarau hampir sudah bercampur, angin tornado, angin topan , badai petir, banjir, tanah longsor, dan banyak bencana alam lain yang disebabkan oleh global warming atau pemanasan global. Dan kita semua tahu kalau penyebab itu semua adalah kita sendiri umat manusia. Disana sini terjadi pembalakan liar padahal tumbuhan berperan penting dalam menjaga kadar CO2 di atmosfer, buang sampah sembarangan, asap kendaraaan dan asap pabrik, pemakaian bahan kimia yang dapat merusak ozon, pembuangan limbah beracun dan masih banyak lagi.
                Oleh karena itu, alangkah bijaknya kalau kita sebagai penghuni bumi ikut andil dalam menjaga keseimbangan alam ini. Karena anak cucu kitalah yang akan merasakan dampak yang telah kita perbuat. Mulai lah dari diri masing masing walau sekecil apapun tapi lama lama akan terbiasa dan tentunya berdampak positif.
                Demikianlah pidato singkat tentang global warming atau pemanasan global ini saya cukupkan sampai disini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih atas perhatianya, mohon maaf apabila ada kata kata yang salah.
Wassalamualaikum wr.wb

Ada beberapa yang perlu sobat perhatikan jika ingin membuat naskah pidato
1) pembukaan
    a) salam pembuka
    b) ucapan syukur
    c) ucapan terima kasih
    d) tujuan pidato
2) isi pidato
    a) latar belakang masalah
    b) uraian pokok materi
3) penutup
    a) harapan harapan
    b) ucapan terimakasih
    c) permohonan maaf
    d) salam penutup

Sekian postingan dari saya. terima kasih, semoga membantu..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review