Jumat, 15 Juni 2012

Apa itu SRS (Stereotatic Radio Surgery)?

Apa itu SRS (Stereotatic Radio Surgery) ?
Stereotatic Radio Surgery adalah bentuk khusus dari terapi radiasi tanpa melakukan operasi. Stereotatic Radio Surgery memungkinkan terfokusnya sumber dengan tepat, dosis tinggi berkas x-ray yang akan dikirim ke area kecil dan terlokaliasasi pada daerah otak. Hal ini digunakan untuk mengobati otak kecil dan tumor sumsum tulang belakang (baik tumor jinak maupun ganas); kelainan pembuluh darah diotak; menentukan area kanker; tumor kecil tertentu di paru-paru dan hati; dan masalah neurologi seperti gangguan pergerakan.
Perbedaan SRS dengan terapi konvensional
Terapi radiasi sinar eksternal konvensional-bentuk paling umum dari terapi radiasi- pemberian dosis penuh ke tumor dan beberapa jaringan otak yang ada di sekitar tumor. Untuk beberapa alasan, target area untuk radiasi konvensional secara sengaja menyertakan perbatasan (yang disebut “margin”) dari jaringan normal otak disekitar tumor. Alasan ini termasuk batas tumor yang tidak merata, resiko penyebaran tak terlihat dari tumor ke jaringan sekitarnya., ukuran tumor yang besar, atau adanya beberapa tumor. Zona ini lebih besar dari radiasi dosis penuh meliputi perbatsan tumor dimana sel-sel mikroskopik tumor mungkin terletak. Karena jaringan normal otak termasuk kedalam area dosis penuh, radiasi konvensional harus dibagi menjadi bagian kecil dosis harian sehingga jaringan noramal otak dapat mentoleransinya. Akibatnya, untuk mencapai dosis sesuai yang diinginkan dibutuhkan beberapa minggu dari tindakan harian. Radio Surgery memfokuskan berkas radiasi lebih dekat ke tumor dibandingkan berkas radiasi eksternal konvensional. Hal ini memungkinkan untuk dibantu dengan peralatan komputer yang sangat canggih. Sebuah bingkai kepala atau sunkup muka yang untuk pengobatan ini memungkinkan set-up/pengaturan yang sangat tepat, terlokalisasi dan pengobatan tumor dengan baik. Penggunaan komputer canggih dalam perencanaan tindakan, radiosurgery meminimalkan jumlah radiasi yang diterima oleh jaringan normal dan sumber radiasi bisa lebih terfokus pada daerah yang akan mendapatkan tindakan/diobati. Karena terapi radiasi konvensional menngenai lebih banyak jaringan normal, itu hanya sering bisa digunakan dalam satu kali tindakan. Radiosurgery, bagaimanapun, dapat dipertimbangkan untuk re-iradiasi dan kemungkinan menghindari daerah yang sebelumnya mendapatkan tindakan.
Jenis-jenis peralatan Radio Surgery
Ada tiga jenis peralatan umum yan digunakan pada saat tindakan radiosurgery : sebuah sistem yang telah dilengkapai dengan sumber radiasi, seperti pisau gamma (Gamma Knife); Linac (Linear Accelarator); dan Cyclotrons.
Gamma Knife/pisau gamma
Gamma knife adalah sebuah dedikasi unit radiosurgery yang terdiri dari 201 sumber radiasi berupa Co-60 yang dapat difokuskan komputer seluruhnya ke area tunggal dari otak.
Gambar 1. Gamma Knife
Linear Accelerator
Linac adalah mesin yang digunakan untuk mengirimkan berkas radiasi eksternal pada terapi konvensional. Sebuah Linac dapat dimodifikasi untuk mengirimkan enrgi tunggal yang tinggi computer-shaped beam (berkas radiasi yang bentuk dapat diatur melalui koputer) ke tumor, atau sebuah linier accelerator yang diproduksi secra khusus untuk digunakan dalam radiosurgery.
Gambar 2. LINAC
Proton Beam Radiosurgery
Cyclotron adalah reaktor nuklir yang dapat memanfaatkan penumbukan elektron untuk menghasilkan/melepaskan proton, neutron dan berkas ion helium yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan radiosurgery. Hanya sedikit mesin ini yang digunakan.
Gambar 3. Cyclotron
Tujuan dari Radio Surgery
Secara umum, tujuan dari berbagi macam bentuk radioterapi untuk mengurangi/menyusutkan dan mengahncurkan sel-sel tumor. Beberapa jenis tumor dapat disembuhkan dengan mengunakan radioterapi, sedangkan yang lainnya hanya dapat dikontrol. Pada situasi dan kondisi tertentu dimana tumor tidak mengalami penyusutan dalam responnya terhadapa radiosurgery tetapi tetap dapat disembuhkan. Ini adalah keadaan umum untuk pasien dengan tumor otak jinak tertentu. Karena radiosurgery merupakan pengobatan yang terfokus tinggi, bentuk radioterapi ini sangat berguna dalam kondisi dimana tumor ukurannya kecil dan terlokalisasi pada area tertentu. Meskipun definisi kecil sangat berbeda setiap instansi kesehatan, tumor kecil secara umum berukuran 3 cm (sekitar 1 ¼ inchi) atau berdiameter kecil.
Radio Surgery dapat digunakan untuk otak dan saraf tulang belakang. Itu dapat digunakan untuk pengobatan berbagai macam tumor jika tumor berukuran kecil dan jumlahnya terbatas. Kadang-kadang, radiosurgery digunakan untuk mengobati tumor yang tidak dapat dibuang, hanya hanya sebagian kecil yang dapat dibuang melaui operasi. Selain itu, radiosuregry dapat juga digunakan sebagai “peningkatan” lokal pada tahap ujung berkas eksternal radioterapi konvensional.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review