Kamis, 14 Juni 2012

Kapal Terbesar Di Dunia

Kapal pesiar Titanic sempat menjadi kapal terbesar di jamannya dengan panjang 269 meter. Saat ini yang terbesar menurut data (wikipedia) adalah Royal Caribbean International dengan panjang 1.187 kaki atau 360 meter. Tiga kali kapal Cheng Ho.

Tapi, bagaimana dengan yang satu ini? Lihat foto di bawah:

 
 Blue Marlin mengangkut beban 60.000 ton/dailymail.co.uk
 
 
Namanya Blue Marlin. Bisa dibilang, inilah kapal pengangkut kapal, yang bisa mengangkut beban hingga 75.000 ton. Bisa mengangkat banyak kapal, bahkan rig ambang minyak. Konon, saat angkatan laut AS (US Navy) ingin membawa pulang kapal penghancur, USS Cole, ke pangkalan, Blue Marlin inilah yang bertugas mengangkutnya.
 
Dikutip dari dailymail, Panjang Blue Marlin hanya 712 kaki (lebih pendek dari Royal Caribbean International). Tetapi luas deknya dua kali lapangan bola kaki (football Amerika, ya). Sebagai kapal pengangkut kapal, maksimal kecepatannya hanya 13 knot, walau tenaganya mencapai 17.000 tenaga kuda.

Rig tambang minyak pun 'digendong' oleh Dockwise Vanguard/dailymail.co.uk

Blue Marlin diluncurkan sejak tahun 1999 dinobatkan sebagai kapal (vessel) terbesar di dunia. Mungkin, rekornya tak lama lagi bakal dipecahkan oleh Dockwise Vanguard. Kapal seharga 240 juta Poundsterling ini digadai-gadai mampu mengangkut beban hingga 110.000 ton!

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review