Sabtu, 16 Maret 2013

Macam-macam zat kimia yang paling ekstrim

Untuk setiap jenis zat, terdapat versi "paling ekstrim"-nya . Tentu, kita semua pernah mendengar cerita tentang magnet yang cukup kuat untuk mencegah anak-anak keluar dari dalam, dan asam yang akan melukai/menghabisi tangan Agan dalam hitungan detik, tetapi apakah Agan tahu, bahwa ada bahkan lebih "zat ekstrim" versi lainnya?

Berikut ini adalah top 10 zat paling "eksteme" yang dapat kita temukan :



Zat Paling Gelap

Nanotube karbon, sebuah materi yang menyerap 99,9% cahaya yang menyentuhnya. Permukaan mikroskopisnya yang kasar dan tidak rata menyebabkannya memecah cahaya sekaligus menjadikannya sebagai zat miskin reflektor. Atas karakteristiknya yang sedemikian itu, para ilmuwan pun tertarik untuk mengaplikasikannya sebagai sarana perbaikan alat-alat optik seperti teleskop, dan bahkan digunakan untuk membuat kolektor tenaga surya yang efisien.


Zat Paling Mudah Terbakar

Zat apa yang mudah terbakar? Mungkin styrofoam, napalm, marshmallow … Tetapi, ketiganya belum seberapa jika dibandingkan dengan Triflouride Klorin. Bahkan, Nazi pun ketakutan untuk menggunakannya. Dalam sebuah peristiwa, satu ton Triflouride Klorin tumpah dan terbakar. Membakar beton setebal 12 inci serta pasir dan kerikil sepanjang beberapa meter.


Zat Paling Beracun

Agan pernah mendengar tentang Botox? Tidak diragukan lagi, botox adalah “racun paling mematikan.” Botox menggunakan toksin botulinum yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum, dan sangat mematikan. Dengan jumlah yang sama dengan sebutir garam cukup untuk membunuh manusia seberat 200 lb. Pada kenyataannya, mereka bahkan menyatakan bahwa hanya memerluka 4kg Botox, untuk membunuh setiap orang terakhir di bumi.


Zat Paling Panas

Terbuat dari atom emas, panas sup quark-gluon mencapai 4 triliun derajat Celsius atau 250.000 kali lebih panas dari bagian dalam matahari. Jumlah energi yang dilepaskan dalam tabrakan itu cukup untuk mencairkan proton dan neutron. Para ilmuwan berpikir jika zat ini bisa memberikan gambaran tentang apa kelahiran alam semesta.


Zat Paling Asam

Umpama Aliens diisi dengan asam fluoroantimonic, mereka tidak hanya akan jatuh ke lantai. Tetapi, uap yang dilepaskan oleh mayat mereka akan membunuh semua orang di sekitar mereka. Asam fluoroantimonic 2 pangkat 1019 kali lebih kuat daripada asam sulfat! Dan… meledak bila terkena air. Ketika itu bereaksi, asap beracun dapat membunuh semua orang dalam ruangan.


Zat Paling Eksplosif

HMX dan Heptanitrocubane. Heptanitrocubane sebagian besar ada di laboratorium dan mirip dengan HMX, namun memiliki struktur kristal padat dan memberikan potensi merusak yang lebih besar. Sementara HMX dapat memberikan ancaman besar secara fisik. HMX digunakan dalam bahan bakar padat roket, detonator, bahkan senjata nuklir.


Zat Paling Bersifat Radioaktif

Polonium-210. Zat yang memancarkan sinar biru ini merupakan zat yang paling bersifat. Seorang mantan mata-mata Soviet, Alexander Litvinenko, telah ditipu untuk memakannya tanpa pengetahuannya. Akibatnya, ia segera meninggal karena kanker.

Zat Paling Keras

Jika Agan berpikir zat yang paling keras di bumi adalah berlian, maka pemikiran agan salah. Secara teknis zat paling keras merupakan gabungan nanorod diamond. Zat ini sebenarnya merupakan kumpulan berlian skala nano. Mereka tidak alami. Zat ini dikembangkan di Jerman pada tahun 2005 dan kemungkinan akan digunakan dalam kapasitas yang sama dengan industri intan.


Zat Paling Bermagnet

Magneto. Substansi yang dikembangkan pada tahun 2010 ini berasal dari besi dan nitrogen. 18% lebih bersifat magnetis dan begitu kuat. Zat ini telah memaksa para ilmuwan untuk meninjau kembali cara kerja magnet tersebut. Orang yang menemukan zat ini telah berusaha keras untuk memastikan bahwa karyanya dapat direproduksi oleh para ilmuwan lain, karena senyawa serupa dilaporkan pernah dikembangkan di Jepang kembali ada tahun 1996, tetapi fisikawan lain tidak dapat menirunya, sehingga tidak pernah secara resmi diterima.

Zat Paling Cair


Superfluiditas adalah keadaan materi (seperti padat atau gas) yang terjadi pada temperatur yang sangat rendah, memiliki konduktivitas panas yang tinggi dan tanpa viskositas. Helium 2 adalah contohnya. Secangkir He2 secara spontan akan mengalir dan keluar dari wadah. Merembes, menembus bahan yang dinyatakan padat. He2 juga merupakan konduktor panas paling efisien di bumi; beberapa ratus kali lipat dari tembaga. Panas bergerak begitu cepat melalui Helium 2

2 komentar:

Bima Arsa mengatakan...

Bagus Sob artikelnya :D


makasih ya atas infonya :D

Obat Usus Buntu mengatakan...

Makasih infonya

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review