Minggu, 08 Juli 2012

Cara Cepat Mengatasi Virus Ramnit (Virus Shortcut)

Setelah baru kemaren saya di serang virus ramnit dan saya berhasil selamat dari kejahilan virus tersebut, sekarang saya akan berbagi ke sobat2 yang pernah terinfeksi, ataupun yang sedang terinfeksi dan mencari cara membrantasnya.

Apa itu Virus Ramnit?
Adalah sejenis Virus yang memiliki kemampuan menginfeksi file file berekstensi EXE, DLL baik berupa file program aplikasi maupun file system Windows sehingga memerlukan langkah pembersihan khusus. Virus ini memliki banyak varianya seperti Ramnit A s/d Y. Bagi korbanya yang terkoneksi ke internet harap berhati hati karena Ramnit juga menginfeksi dan menyebar lewat file HTM dan HTML. Selain menginjeksi file, Ramnit juga akan menyebabkan komputer yang terinfeksi menjadi lambat dengan adanya aktivitas untuk melakukan konektifitas ke internet secara terus menerus dengan menampilkan website yang telah ditentukan.Dalam menjalankan aksinya, Ramnit tidak berjalan sendirian tetapi akan mengundang virus lain yang mempunyai kemampuan sama yakni menginjeksi file dengan ekstensi EXE seperti W32/Virus atau W32/Sality sehingga terjadi double injection dalam satu file sehingga mempersulit pada saat proses perbaikan.

Ciri Ciri Umum User yang terinfeksi:
  1. Muncul banyak file dengan nama file 'Copy of Shortcut to (1).lnk' s/d 'Copy of Shortcut to (4).lnk' di flashdisk user. File ini digunakan oleh virus untuk menggandakan dirinya ketika dieksekusi pengguna. ataupun jika di scan atau dihapus, maka file itu akan muncul kembali karna virus ini cepat mengklonik dirinya lewat file indukhttp://bakung16.files.wordpress.com/2011/11/ramnit.jpg
  2. Virus akan membuat browser menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gamabar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet. Gejala selanjutnya adalah, icon removable media berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied pada my computer. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
  3. Salah satu hal yang unik dan membuat virus ini sangat mudah aktif dan sulit dibasmi adalah setiap kali user melakukan klik kanan. Selain menampilkan menu klik kanan, secara tidak langsung pengguna komputer juga telah menjalankan virus ini. Bahkan jika kita klik kanan dalam keadaaan SAFE MODE
  4. Dan Dalam beberapa kasus virus ini juga menyebabkan selalu muncul peringatan “Virtual Memory Minimum Too Low”
  5. Selain ciri-ciri tersebut, perlu diketahui juga bahwa Ramnit juga memiliki file induk yang sudah dipersiapkan di direktori [%USB Flash%:\RECYCLER\%nama_acak%.exe].
  6. Adanya file Watermark.exe yang berada pada file Microsoft pada Program file dan itu tidak bisa di hapus

    Virus ini juga akan menjangkit file berekstensi exe, dan setiap file exe yang terinfeksi akan mempunyai ukuran 107KB lebih besar dari ukuran awalnya. Selain itu Ramnit akan menduplikasikan file tersebut di dalam folder yang sama.

Bagaimana cara mengatasi dan menghapusnya??
1. Download Antivirus di sini PCMAV Express For Ramnit
2. Setelah di download, Restar PC anda dan jalankan dalam Safe Mode. (tekan f8 sebelum loading windows)
2. Setelah itu buka Antivirus PCMAV tersebut dan klik SCAN. maka otomatis PCMAV akan membasmi ramnit secara tuntas. jangan lupa colokan bersama flashdisk yang terinfeksi sesuai dengan gejala di atas

Bagaimana Pencegahan agar tidak terinfeksi virus ramnit?
1. Gunakan gabungan antivirus lokal dengan interlokal seperti Avast dengan Smadav, Avira dengan Smadav, atau yang lain
2.Jika anda terkoneksi dengan internet pastikan antivirus anda update selalu
3. Gunakan Deepfrezee jika perlu, sehingga lebih aman  dari serangan virus yang akan menginfeksi file sistem. untuk keterangan lanjut, silahkan baca artikel ini ( ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengkebalkan komputer dari virus apapun)
4.buat lah folder dengan nama 'Copy of Shortcut to (1).lnk' s/d 'Copy of Shortcut to (4).lnk'+ RECYCLER di hardisk dan flashdisk untuk mencegah ramnit membuat file yang sama
5.Gunakan fitur lock pada smadav untuk memproteksi flashdisk dari autorun ramnit

Sekian tips dan trik dari saya..semoga membantu ^_^

1 komentar:

xhamone plus mengatakan...

artikel yang sangat lengkap, di coba nih sob

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review